Sejarah Perkembangan Musik POP di Indonesia

Sejarah Perkembangan Musik POP di Indonesia

MooU | Sejarah Perkembangan Musik POP di Indonesia - Musik Pop merupakan salah satu aliran musik yang memiliki banyak penggemar/penikmatnya diera modern saat ini. Kebanyakan Musik pop bersifat komersial. Kata "POP" yang digunakan merupakan singkatan dari Musik Populer. Musik Pop ini sendiri pertama kali berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1920 melalui sebuah rekaman yang dibuat pertama kali berdasarkan penemuan Thomas Edison.

Musik pop memiliki beberapa ciri yang menjadi ciri khas dari musik pop itu sendiri. Ciri tersebut, antara lain;
  • Memiliki Tempo yang bervariasi
  • Penggunaan Ritmenya terasa bebas
  • Lagunya mudah dinyanyikan dan dimengerti
  • Harmoninya tidak terlalu rumit
  • Melodi yang dimainkan mudah diterapkan dengan berbagai karakter lirik
  • Bersifat sangat fleksibel jika digabungkan dengan jenis style yang lain.
Salah satu ciri yang menonjol dari musik pop ini adalah penggunaan ritme yang terasa bebas. Musik pop mengutamakan permainan antara drum dan gitar bass. Komposisi melodinya juga mudah dicerna sehingga penikmatnya tidak akan bosan saat mendengarnya.

Sejarah Musik Pop

Sejarah Musik POP di Indonesia:
Di Indonesia musik pop mulai berkembang pada tahun 1960-an atau tepatnya sejak kemunculan Grup band The Beatles. Saat itu lagu-lagu pop mulai banyak disukai masyarakat Indonesia khususnya anak-anak muda atau remaja. Grup musik pop biasa sering disebut dengan sebutan band yang menggunakan peralatan ataupun alat musik elektronik atau modern. Instrumen wajib yang ada disebuah band antara lain, Gitar melodi atau rhythm, gitar bass, dan piano.

Puncak dari perkembangan musik pop di Indonesia diawali dari sebuah grup yang fenomenal di tahun 1970-an. Grup band tersebut bernama koes plus. Koes plus merupakan band yang memiliki andil besar dalam perkembangan musik pop di Indonesia. Grup band ini menjadi legendaris di Indonesia karena puluhan atau bahkan ratusan lagu yang mereka buat. Koes plus memiliki versi yang berbeda-beda disetiap lagunya, antara lain versi pop, pop jawa, dangdut, irama melayu, lagu berbahasa inggris, pop anak-anak, keroncong, hard beat, dan folk song. Lagu yang diciptakan band legendaris ini sangat sederhana baik dari segi syair, musik, maupun melodi sehingga lagu-lagu mereka masih tetap digemari sebagian masyarakat indonesia sampai sekarang.

Musik pop di Indonesia terbagi dari beberapa jenis aliran berdasarkan usia. Syair yang lebih pendek dari biasanya dengan struktur yang lebih sederhana merupakan jenis aliran dari musik pop untuk anak-anak, tema dari musik tersebut selalu berkaitan dengan hal-hal yang mendidik seperti sekolah, mencintai orang tua dan tuhan, mencintai tanah air, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jenis aliran musik pop untuk orang dewasa atau remaja memiliki tema yang bervariasi seperti kehidupan remaja, kisah cinta, kritik sosial, patah hati, kehilangan seseorang, dan religi.
 
Musisi pop Indonesia yang masih terkenal hingga saat ini adalah Melly Goeslaw, Titiek Puspa, Ari Lasso, Chirsye, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk grup band terbaik di Indonesia adalah Slank, Gigi, Noah, Ada Band, Nidji, Cokelat, Sheila on 7, dan masih banyak lagi grup band musik pop terbaik yang ada di Indonesia.

Demikianlah pembahasan tentang Sejarah Perkembangan Musik POP di Indonesia ini, kami harap artikel yang kami berikan kali ini dapat bermanfaat bagi anda dan menambah sedikit wawasan anda tentang perkembangan musik di Indonesia. Sampai jumpa di artikel-artikel dari kami berikutnya.

Semoga Bermanfaat.


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top